Penilaian Autentik dalam Contextual Teaching and Learning
5 Karakteristik Dasar Penilaian Autentik
Tentang cara Bagaimana Melakukan Penilaian Dalam CTL serta apa keuntungan penilaian autentik ? sebagaimana telah disebut dalam posting sebelumnya, tidaklah sama dengan penilaian umum yang hanya dilakukan pada akhir pemberian materi, hal ini lebih-lebih dikarenakan kurangnya nilai pengukuran yang bisa digambarkan oleh penilaian umum. Penilaian umum hanya bisa memberikan informasi mengenai hasil belajar siswa dan tidak bisa menganalisis proses belajar siswa. Banyaknya variable dalam penilaian autentik juga memungkinkan penilaian autentik bisa memberikan gambaran kemampuan siswa secara komprehensip baik dari hasil belajar, proses belajar, maupun hal-hal lain yang dibutuhkan sekolah, seperti keterampilan siswa dan aktivitas siswa.
Dalam melakukan penilaian autentik, 5 hal dasar di atas dapat dijadikan sebagai acuan umum, untuk membantu membuat model penilaian berbasis CTL, karena penilaian autentik memang berasal dari metode pembelajaran CTL.
Referensi Penilaian Autentik:
Elaine B. Johnson, Contextual Teaching Learning, (Bandung: MLC, 2007)
Elaine B. Johnson, Contextual Teaching Learning, (Bandung: MLC, 2007)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar